Monday, November 14, 2011

mengenal macam-macam bunga & negara asalnya

1. Dahlia
Bunga yang memiliki warna yang cerah dan mempesona ini berasal dari Negara Meksiko. Selain Negara Meksiko, bunga dahlia juga merupakan bunga resmi kota Seattle, Washington, Amerika Serikat.
Nama bunga ini berasal dari nama ilmuwan Swedia, Andreas Dahl. Dimana ilmuwan tersebut memiliki peran yang penting dalam pengembangan tanaman dahlia. Saat ini sudah lebih dari 1.200 varietas dahlia yang ada. Dahlia yang dibudidayakan diantaranya terdiri dari Dahlia Pohon dan juga tanaman perdu. Bunga dahlia memiliki diameter sekitar 5 cm dan paling besar sekitar 30 cm.

2. Tulip
Tulip berasal dari Asia Tengah, tumbuh liar di kawasan pegunungan Pamir dan pegunungan Hindu Kush dan di stepa di Kazakhstan. Negara belanda terkenal sebagai negeri bunga tulip. Tulip juga merupakan bunga nasional Iran dan Turki.
Tulip merupakan tumbuhan tahunan berumbi yang tingginya antara 10-70 cm, daunnya berlilin, berbentuk sempit memanjang berwarna hijau nuansa kebiru-biruan, dan bunganya berukuran besar terdiri 6 helai daun mahkota. Tulip hasil persilangan menghasilkan bunga berwarna tunggal, merah, orange, kuning, hijau, bir, ungu, atau berbagai macam kombinasi dan gradasi warna. Tulip menghasilkan biji-biji berbentuk bundar pipih yang dibungkus kapsul kering.
3. Teratai
Teratai adalah tanaman air yang tumbuh di lumpur pada kolam yang dangkal, laguna, rawa-rawa dan ladang yang basah.
Bunga ini merupakan tanaman asli dari Timur Tengah, Asia , Austrialia dan New Guinea. Ada sekitar 200 spesies tanaman teratai, 40 spesies di antaranya sudah dikenal dan dibudidayakan.
Bunga Teratai sendiri berbentuk besar dan menarik dengan banyak kelopak. Berwarna cenderung pink kemerah-merahan, atau putih. Benangsarinya berwarna kuning dan memenuhi bagian kelopak.
Bunga ini disucikan dalam agama Budha dan Hindu dan sering digambarkan pada seni dan litelatur Asia Selatan.

4. Sakura
siapa sich yang tidak kenal dengan bunga cantik yang satu ini??
Jepang adalah negara dengan varian bunga sakura paling banyak yaitu sekitar 200 lebih, meski demikian bunga ini tak hanya hidup dan berkembang di jepang, tapi juga di Korea, China, Canada, dan Jerman.
Di Jepang sendiri, bunga sakura merupakan simbol yang dikaitkan dengan perempuan, kehidupan dan kematian. Tentu saja dengan berbagai alasan.
Dalam bahasa Jepang, sakura berasal dari k ata "saku" dan "ra". Saku yang berarti mekar. Sedangkan "ra" dalam bahasa Jepang menunjukan kata jamak. Sedangkan dalam bahasa Inggris, sakura dikenal dengan nama cherry blossoms. Kalau dalam bahasa ilmiahnya sendiri, Sakura dikenal dengan nama Prunus Jamasakura.



5. Kamboja
Bunga cantik yang sering diidentikan dengan hal-hal mistik ini berasal dari Amerika tropik dan Afrika. Kamboja termasuk tanaman hias, termasuk keluarga Apocynaceae. Batangnya berupa batang berkayu keras tinggi, mencapai 6 meter, percabangannya banyak, batang utama besar, cabang muda lunak, batangnya cenderung bengkok dan bergetah. Tanaman ini banyak digemari karena manfaatnya yang banyak.
Kamboja ditemukan Charles Plumier (1646-1706), botanis asal Perancis. Untuk mengingat sang penemu, nama belakang charles Plumier diabadikan menjadi nama latin bunga ini. Pakar botanis menemukan empat jenis (spesies) tanaman ini, yaitu plumeria obtusa, plumeria pudica, plumeria rubra dan plumeria acutifolia. Selain empat jenis di atas, ada pula Rubra Tricolor atau Rubra Hybrid yang merupakan hasil silangan.

6. Kenanga

Tumbuhan dari famili annonaceae ini diduga berasal dari Asia Tenggara termasuk Indonesia. Karena baunya yang harum, ia dikenal pula sebagai pohon parfum. Tinggi tanaman dapat mencapai 30 m. Selain tumbuh liar di hutan, ia juga bisa ditanam di pekarangan rumah, dan dapat tumbuh subur pada ketinggian 1200 m dpl.
Pada keluarga bangsawan, kenanga lazim digunakan untuk bahan 'ngadi salira' (perawatan tubuh). Caranya, bunga atau minyaknya dijadikan sebagai bahan untuk luluran sehingga akan menghasilkan kulit dan wajah yang lembut. Penggunaan wewangian dengan aroma ini menunjukkan kelembutan bagi yang memakainya. Bunga yang dicampur daun pandan dan daun mangkokan lalu direbus dengan minyak kelapa sebagai bahan untuk menyuburkan dan menghitamkan rambut.


7. lily
Bunga yang cantik ini dikenal semenjak jaman Yunani kuno. Nama Lily atau Lilium adalah bentuk Latin berasal dari kata Yunani, Leirion. Penyebaran bunga lily meliputi wilayah Eropa dan meliputi daerah Mediterania Utara, melintas kesebagian besar wilayah Asia menuju Jepang, India, dan Filipina Selatan. Dan saat ini telah menyebar ke wilayah selatan Kanada melalui Amerika Serikat.





8. Aster
Cina disebut-sebut sebagai negara nenek moyang bunga cantik yang satu ini.
Tapi, konon nama bunga ini berasal dari kata a star, yang artinya "bintang", yang bisa jadi karena penampilan bunganya yang menyerupai bintang, mulai dari bulat sampai mirip cakram. Helaian bunganya yang tersusun membentuk lingkaran. Sementara tangkai bunganya ada yang pendek, ada yang panjang. Ukuran bunga bervariasi berkisar diameter 4-7 cm.



9. Euphorbia
Madagaskar adalah tempat dimana asal mula bunga ini ditemukan. Nama euphorbia diambil untuk memberikan penghargaan kepada penemunya yaitu Euphorbus.
bunga yang satu ini adalah salah satu dari bunga yang dipercayai sebagai bunga yang mendatangkan hoki atau keberuntungan. Bunga yang dikenal juga sebagai bunga delapan dewa karena bentuknya kelopaknya yang saling berhadapan sehingga membentuk angka delapan.



10. Anggrek
Habitat alami mereka meluas dari Asia tenggara ke Jepang dan Australia.Terdapat lebih dari 25.000 spesies anggrek dan lebih dari 100.000 hibrida. Beberapa orang merujuk hal ini sebagai "jenis anggrek", tetapi sebenarnya hanya ada dua jenis anggrek. Diantaranya adalah jenis terrestrial orchids (anggrek yang hidup di daratan) dan epiphytes orchids (anggrek benalu).

No comments:

Post a Comment

Post a Comment